Rabu, 25 Maret 2009

KPU Merasa Lebih Transparan Soal DPT

Tidak beresnya daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2009 banyak mendapat kritikan. Bahkan usulan untuk menunda pemilu pun sempat muncul.

Namun KPU tetap yakin, persoalan DPT tidak akan menggagalkan pemilu. KPU justru mengklaim, transparansi saat ini lebih bagus dibanding KPU sebelumnya.

"KPU sekarang lebih transparan soal DPT ketimbang 2004, semua salinan DPT sudah diserahkan ke PPS di tingkat kelurahan atau desa," kata anggota KPU, Andi Nurpati dalam dialog kenegaraan bertajuk 'Kasus DPT dan Legalitas Pemilu 2009' di Gedung DPDRI, Rabu (25/3/2009).

Menurut andi, KPU sudah melakukan tugasnya dalam pemutakhiran data. Persoalan DPT, menurut Andi, sebenarnya sudah ada dari dulu. Andi kemudian memaparkan kelemahan KPU era 2004.

"Saya berani jamin itu. Dulu tidak pernah PPS dapat salinan DPT," ujar Andi.

Andi kemudian menjelaskan mengenai beberapa parpol yang mengkritik DPT. Menurut Andi yang dibawa parpol tersebut hanya DPT dari pilkada jatim. "Kok mereka mengatakan banyak penggelembungan, mana buktinya?" tutur Andi.

Tidak ingin masalah bergulir terus menerus, Andi kemudian memberikan solusi agar kisruh DPT tidak muncul lagi di pemilu 2014. "Oleh karena itu kalau ingin memperbaiki DPT kita harus mengevaluasi pendataan penduduk," kata Andi.

Masalah DPT Selesai Minggu Ini

KPU yakin masalah DPT dapat diselesai minggu ini. KPU berharap parpol segera menyerahkan temuan manipulasi DPT.

"Minggu ini masalah DPT selesai," kata anggota KPU, Andi Nurpati.

Menurut Andi, semua masalah terkait pelaksanaan pemilu harus segera dilaksanakan karena pemilu tinggal menghitung hari. "Kita akan berkonsentrasi untuk melaksanakan pemilu yang tinggal beberapa hari," tutur Andi.

Andi menambahkan, agar parpol yang protes dan mengaku menemukan kasus manipulasi DPT untuk segera menyerahkan temuannya ke KPU untuk mencari solusi pemecahannya bersama. "Partai yang mengeluhkan DPT kalau bisa segera melapor, supaya dapat kita cek segera supaya jelas," ungkap perempuan berkerudung itu.

"Prinsipnya KPU akan segera memberikan DPT copy kepada parpol peserta pemilu," lanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan beri tanggapan anda..